Komsos Subsektor 21-09 , Tumbuhkan Budaya Malu Masyarakat Buang Sampah di Bantaran Cirasea

Ciparay,nuansarealita.com,- Subsektor 21-09 Ciparay satgas Citarum harum mengadakan karya bakti membersihkan bantaran sungai dan mengangkat sedimentasi dengan melibatkan gober dan masyarakat sekitar bantaran sungai Cirasea di kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, dengan target 300 meter per harinya memotong rumput dengan mengunakan mesin seadanyai, Jumat (22/2/19).

Selain mengadakan karya bakti, Subsektor 21-09 Ciparay juga mengadakan komsos dan patroli sungai dengan tujuan menghimbau masyarakat sekitar bantaran sungai Cirasea tidak membuang lagi sampah sembarangan melainkan di bak-bak sampah yang tersedia.

Dalam penjelasannya kepada wartawan, Dansubsektor 21-09 Ciparay Pelda Cece menjelaskan, ” setelah berjalan sekian lama Citarum harum sudah nampak perubahan di masyarakat dalam kesadaran menjaga kebersihan di bantaran sungai terutama dari sampah ” , Ucap Cece.

BACA JUGA  Pembuatan Taman Warga Bentuk Komsos Subsektor 21-06 Di Bantaran Citepus

Lanjutnya, “Terlebih musim penghujan ini, bila tidak dibersihkan akan mengakibatkan sampah menumpuk yang terbawa arus air sehingga aliran air terhambat , untuk itu perlu dibersihkan dan diangkat dari sungai agar tidak menimbulkan banjir “, terang Pelda Cece.

Untuk itu, melalui rutinitas pendekatan kegiatan komsos ini kita terus coba mensosialisasikan masyarakat sadar akan lingkungan nya terutama disiplin dalam membuang sampah, ” alhamdulillah sekarang sudah ada perubahan, terbukti sekarang mereka malu untuk buang sampah lagi ke bantaran sungai ” ungkap Pelda Cece.

“Dan melalui patroli sungai, kita dapat memantau serta mengantisipasi sampah atau limbah industri yang masuk sehingga ekosistem sungai cirasea ini tetap terjaga,” pungkasnya. ( Tyo NR )

Spread the love
  • 10
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *