Pembukaan Kedai Budaya Menjadi Wadah Para Pelaku Seni Dan Budaya Untuk Bertukar Pikiran

Bandung,nuansarealita.com,-Suatu negara atau daerah memiliki ciri khasnya sendiri, termasuk budayanya. Entah itu dalam keseniannya, cara berpakaian maupun bahasanya. Dalam melestarikannya dibutuhkan kiprah seseorang atau kelompok yang dapat mempertahankan atau ngamumule (melestarikannya) disamping perkembangan jaman dan budaya asing yang begitu pesat mendominasi di negara kita, khususnya Wilayah Jawa Barat.

Tepatnya di sekitar ruas jalan Padasuka, Cimenyan (Pinggir Studio Jehan) yang dimana lokasi tersebut sekaligus menjadi perbatasan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Rabu, 9 Januari 2019 telah digelar pembukaan Sanggar Budaya.

Dalam acara diisi beberapa dialog yang membahas tentang keprihatinan para Budayawan terhadap Budaya Sunda yang kini kian terkikis melalui perkembangan jaman dan teknologi yang begitu pesat.

Mengingat hal tersebut, Tisna Sanjaya atau yang karib disapa Abah Karinding ini selaku penggagas dan merasa bersyukur di tengah-tengah era globalisasi sekarang ternyata masih banyak yang ingin melestarikan Budaya Sunda meski dirintang kendala dalam beberapa aspek, termasuk dalam segi finansial. Kendati demikian Tisna dan beberapa Komunitas Kasundaan termasuk Komunitas Paranormal yang ikut serta mendeklarasikan Sanggar Budaya ini takkan selalu mengandalkan bantuan pemerintah dalam segala bentuk kegiatannya yang kini mereka anggap lalai dalam perhatiannya terhadap seniman maupun budayawan Sunda.

Padahal sebagaimana kita ketahui, sesuai dengan Perda Jabar no. 15 Tahun 2014 dan UU no. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan jelas bahwa pemerintah wajib turut serta membantu di setiap giat-giat yang berkaitan dengan Kebudayaan yang dilakukan oleh setiap warga negara khususnya Jawa Barat.

Tisna berharap dengan dibukanya Kedai Budaya ini dapat menjadi tempat bertukar pikiran antar pelaku seni dan budaya hingga menghimpun semua aspirasinya. (Red NR)

Spread the love
  • 35
    Shares

Satu tanggapan untuk “Pembukaan Kedai Budaya Menjadi Wadah Para Pelaku Seni Dan Budaya Untuk Bertukar Pikiran

  • Januari 10, 2019 pada 4:11 am
    Permalink

    Selamat dan Sukses…semoga amanah dan sesuai.harapan dan tujun.
    Bismillah Berkah
    Salam Hormat santun berbudaya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *